Thursday 28 April 2016

CARA MEMILIH JODOH YANG BAIK MENURUT AGAMA ISLAM

 Assalamu'alaikum Wr wb

Selamat malam para pembaca. setiap kita pasti ingin mempunyai jodoh, jodoh yang baik menurut agama Islam, yang mampu membuat kita bahagia, bahagia di dunia dan juga bahagia di akhirat tentunya. kita tidak mengetahui apa dan bagaimana jodoh kita kelak, namun kendati demikian sudah sepatutnya kita berusaha dalam mencari jodoh kita, memilah dan memilih mana yang baik untuk kita, sebab ini adalah bukan untuk sementara, bukan untuk beberapa waktu, beberapa hari dan bahkan bukan untuk di dunia saja. melainkan untuk menunjang kebahagian di dunia dan akhirat.



Islam mengajarkan kepada kita tentang bagaimana memilih jodoh yang baik yang tentunya adalah sesuatu yang selalu kita harapkan. dan dalam hal ini pun diterangkan dalam hadist bahwasanya Rasulullah pernah bersabda:

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَات الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ 

artinya: "diceritakan Musadad, diceritakan Yahya dari 'Abdullah berkata bercerita kepadaku Sa'id Ibn Abi Sa'id dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: Wanita dinikahi karena empat perkara. Yang pertama karena hartanya, kedua karena keturunannya, ketiga karena kecantikanya dan keempat karena agamanya. Maka  carilah wanita yang beragama (islam) niscaya engkau akan beruntung ".


dari hadist di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam mencari jodoh memiliki empat perkara, yaitu  karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya.

Karena Hartanya
Carilah jodoh yang menurut kita baik dan memiliki harta yang cukup dalam arti mampu menafkahi kita (wanita) dan anak kita. Siapa sih yang tidak ingin mendambakan jodoh yang baik?, soleh/solehah, baik keturunnya, baik budi pekertinya, baik akhlaqnya, dan baik agamanya. setiap kita pasti mendambakan seorang yang mampu membuat kita bahagia, yang mampu menentramkan jiwa saat kita marah ataupun saat saat kita sedang berputus asa. carilah jodoh yang kaya, yang mampu menunjang kebahagian di dunia. tapi janganlah terpaku dengan ini saja. sebab harta tidaklah menjamin sesorang akan bahagia. 

Karena keturunannya
Mungkin tidak sedikit dari kita yang menginginkan pasangan yang lebih mapan atau sederajat dengan kita. berasal dari keturunan yang baik baik. Alasan mencari jodoh sepert ini bukanlah alasan yang tidak asing lagi, mengingat di lihat dari segi zaman saat ini. Banyak yang berlomba-lomba dalam mencari jodoh yang mapan. hal ini positif apabila tujuannya adalah untuk menunjang masa depan yang cerah, namun Rasulullah saw pun menganjurkan untuk tidak terpaku dengan poin ini.

Karena parasnya
Carilah seseorang yang cantik parasnya, tampan wajahnya, tapi juga jangan terpaku hanya di sini saja. sebab tidak selamanya kecantikan selalu sejalan dengan hatinya. di era masa kini, hal hal mengubah sesuatu itu sudah makin berkembang dari make up sampai operasi wajah, wajah yang awal mula hitam bisa di sulap menjadi putih. hidung yang kurang menarik bisa di sulap menjadi mancung sesuai keinginan, dan masih banyak lagi. Rasulullah sendiripun menganjurkan hal ini, tapi satu kali lagi beliau mengingatkan agar jangan terpaku dengan kecantikannya saja. untuk apa cantik tapi hati tidak sesuai dengan wajahnya yang cantik? bahkan budak hitam legam tapi beriman itu justru lebih baik, daripada cantik, putih bersih tapi kafir.

Allah berfirman dalam Al Qur'an yang artinya: "boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal baik bagi kamu, dan boleh jadi kamu sukai padahal buruk akibatnya"

Karena agamanya
Nah.. dari ke empat perkara inilah hal utama di dalam mencari jodoh, yaitu karena agamanya. ini adalah poin terpenting saat Anda ingin mencari jodoh, atas dasar ini lah sebab seseorang bisa bahagia di dunia dan akhirat, sebab dilandasi oleh agama yang baik, yaitu islam. Banyak dari mereka yang mencari jodoh hanya berlandaskan harta,pangkat dan kecantikannya tanpa harus peduli dengan agama dan ahlaqnya, yang akhirnya justru hanya akan membuat mereka sengsara dan jatuh dalam penderitaan yang akhirnya membawa mereka menuju kehancuran rumah tangga. maka carilah jodoh yang baik akhlaqnya, teguh imannya, taat kepada Raab dan RasulNya. Pernikahan yang sesungguhnya adalah pernikahan yang menunjang kebahagiaan di dunia dan akhirat. miliki satu prinsip, Anda boleh sengsara di dunia, tapi paling tidak Anda memiliki ambisi untuk bahagia di akhirat selama-lamanya. idealnya adalah bahagia di dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat :)Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Post a Comment