Monday 18 April 2016

CARA MUDAH MERAWAT KUCING LOKAL AGAR SEHAT DAN BERSIH



Merawat kucing kucing kesayangan kita di rumah sebenarnya susah susah gampang. apalagi kucing tersebut adalah kucing lokal atau kucing kampung alias kucing jalanan. terus terang ane sendiri lebih menyukai kucing lokal daripada kucing hias seperti angora ataupun persia, di samping perawatannya tergolong mudah dan gk terlalu manja. hehe.. tapi ada satu kekurangan saat ane ngurusin nih kucing jenis lokal.. nakalnya minta ampuuun... haha. dan kalau kucing tersebut masih kecil alias piyik, sering deh tuh pub-nya suka asal asalan.. xD.
tapi meskipun mereka nakal, ane tetep gk nyerah buat ngurusin mereka, maklumlah.. ane kan pecinta kucing. wkwkwkwk..


berikut bakal ane jelasin bagaimana cara merawat kucing yg sangat mudah.

1. Mandikan Kucingmu

ini adalah langkah paling sulit saat kamu akan memandikan kucingmu. kenapa? sudah sepatutnya kalau kucing itu pobia air. hahaha.. tapi ini adalah langkah awal di mana kucingmu akan bebas dari debu dan kotoran yang menempel di tubuhnya terutama bulu bulunya. ini akan membuat kucingmu bersih dan selalu sehat. memang pada saat pertama kali memandinkan nya kucing tersebut pasti akan meronta ronta. tapi itu adalah salah satu resiko. tetap lanjutkan memandikan kucingmu, tapi ingat. pada saat memandikan jangan langsung menyiram dengan jumlah air yang banyak, sebab kucingmu akan terkejut dan tidak menutup kemungkinan akan mencakar tanganmu sendiri. mulailah dengan cara membasuh dari atas kepala (sekitar telinga kiri dan kanan).

Pitcure 1.

dengan mengambil air sedikit dengan tanganmu. lalu teruskan keseluruh badan, cukup dibasuh, tidak perlu di siram dengan gayung. lalu gunakanlah samphoo khusus kucing (bisa di dapatkan di petshop2 sekitar daerah rumahmu) atau juga bisa menggunakan shampoo baby (bayi).

2. Beri Makan Secara Teratur

Pitcure 2.



ini kucing ane yg namany MUEEZA, cantik kan?? hehe

Beri kucingmu makan minimal 3x dalam sehari, sebab kucing selalu merasa lapar pada saat mereka bangun dari tidur. kucing hampir menyerupai manusia dalam arti metabolisme tubuh mereka mirip manusia, jangan memberi makan makanan yang basi, jangan memberi kucingmu susu khusus untuk manusia, bisa bisa mereka diare. hehe.. jangan beri ikan teri, karena bisa membuat bulu mereka rontok. tambahkan makanan cemilan khusus kucing/snack. ada banyak macam jenis makanan kucing yang dijual di toko petshop. mulai dari yg paling mahal sampai yang paling murah. ane sendiri beri makanan snack kucing yang murah.. hehe, sesuai budget sih, jangan terlalu memaksa membeli makanan yang mahal. sebab meskipun makanan tersebut mahal namun kucingmu belum tentu menyukai makanan tersebut. makanan snack khusus kucing mengandung banyak vitamin bagi tubuh kucing, membuat bulu kucing lebat dan gak mudah rontok.



3. Beri Vitamin Kucing.
Jangan malas dalam merawat kucingmu, terutama dalam hal kesehatan kucing itu sendiri. berikan Vitamin khusus kucing, Vitamin kucing bisa kamu dapat di PetShop dan tersedia berbagai macam merk dari yang paling mahal sampai yang paling murah, yang jelas Vitamin Kucing sangat diperlukan untuk kesehatan kucingmu. ada yang berbentuk cair dan ada yang berbentuk serbuk. pilihlah menurut yang kamu rasa mudah dalam memberikan Vitamin tersebut kepada kucing kucingmu,

4. Belai Kucingmu.
Kucing adalah hewan yang paling peka terhadap manusia, entah itu dalam hal komunikasi dengan manusia atau hal lainnya. belailah kucingmu sesering mungkin, karena kucingmu akan merasa bahwa kita menyayanginya, kita bisa pahami setiap kucing jalanan yang tanpa pemilik 75% mereka akan kabur saat melihat manusia atau saat manusia akan menyentuhnya. sebab kehidupan mereka tanpa ada yang merawat mereka dan membelai tubuh mereka, kucing akan merasa nyaman saat kita membelai tubuhnya terutama bagian atas kepala dan leher mereka.


5. Bersihkan Telinga Kucingmu.
Cara ini juga termasuk cara tersulit selain memandikan kucingmu. membersihkan area telinga kucing sangatlah tidak mudah, terlebih lagi apabila kucingmu termasuk kucing yang agresif. cobalah untuk memegang atau dapat meminta bantuan temanmu untuk memegang sang kucing sementara kamu membersihkan telinga kucingmu. gunakan cutton buds/pembersih telinga yang berukuran kecil, bisa juga menggunakan kapas yang lembut dikombinasikan dengan benda seperti korek api atau benda lain yang tidak memiliki ujung yang runcing. kamu bisa menambahkan minyak baby oil, bersihkanperlahan  mulai dari area telinga luar dan lanjutkan ke area bagian dalam. jangan terlalu masuk dalam telinga, karena akan menyebabkan telinga kucing menjadi luka. lakukan cara ini minimal 2x dalam seminggu, atau 1x dalam seminggu. yang penting kamu harus rajin2 memeriksa telinga kucingmu. apabila sudah terlihat kotor segeralah bersihkan.

ke lima cara tersebut adalah yang paling pokok dalam merawat kucing kucing kesayangan kita. dan dari 5 cara di atas bisa kamu gunakan untuk merawat kucing hiasmu seperti Angora, Persia, atau kucing jenis lainnya. sekian dari ane dan semoga bermanfaat.. :) .

0 comments:

Post a Comment