Friday 29 April 2016

Manfaat dan Kandungan Buah Naga



 


Buah naga atau dragon fruit adalah termasuk buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah ini memiliki rasa asam manis menyegarkan. Buah naga memiliki rasa yang hampir mirip dengan buah Kiwi, kombinasi antara asam dan manis. Setelah masak buah ini dapat dikonsumsi langsung atau juga dapat diolah menjadi minuman segar seperti jus dan es buah, atau juga dapat diolah menjadi puding, campuran salad, atau isi pai.

 Bagi sebagian orang, buah ini mungkin termasuk buah yang tergolong mewah, kenapa begitu? sebab buah ini memiliki harga yang relatif mahal dan masih jarang di pasarkan. Dengan bentuknya yang unik dengan warna yang mencolok, mengundang keingintahuan masyarakat. Namun di samping itu juga buah naga tengah dibudidayakan oleh masyarakat. Selain bentuk buahnya yang sangat menarik, ternyata buah ini juga memiliki pohon yang unik karena memiliki bunga yang harum dan masyarakat pada umumnya menjadikan pohon buah naga sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

                               
                                 

 Kandungan
Buah naga biasanya dikonsumsi secara langsung sebagai penghilang rasa haus, karena kandungan kadar air yang sangat tinggi, sekitar 90% dari berat buah. Rasanya manis sebab mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandung protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung. serat yang bermanfaat untuk mencegah kanker usus, kencing manis, dan juga asupan untuk diet; karoten untuk kesehatan mata, menguatkan otak, dan mencegah masuknya penyakit; dan juga kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang dan gigi.

Buah naga juga mengandung zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 untuk mencegah demam; vitamin B2 untuk menambah nafsu makan; vitamin B3 untuk menurunkan kadar kolesterol; dan vitamin C untuk menambah kecantikan kulit serta mencegah jerawat.

Nutrisi yang terkandung dalam buah naga pun beragam, antara lain kadar gula 13-18briks, air 90%, karbohidrat 11,5 gr, asam 0,139 gr, protein 0,53 gr, serat 0,71 gr, kalsium 134,5 mg, fosfor 8,7 mg, magnesium 60,4 mg, dan vitamin c 9,4 mg.

 Khasiat
Dibalik rasanya yang manis, buah naga kaya akan manfaat. Buah ini juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol dan menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan gula darah. Buah naga termasuk jenis buah kaktus, maka buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat, serta kaya akan serat sebagai pengikat zat karsinogen (penyebab kanker) dan memperlancar proses pencernaan.

Manfaat buah naga bagi kesehatan ternyata tidaklah hanya berasal dari daging buahnya saja. Sebuah penelitian di Meksiko mengungkapkan bahwa ekstrak klorofom daun buah naga berdaging putih mengandung senyawa yang terbukti melindungi kelenturan pembuluh darah kelinci. Peneliti memperkirakan keampuhan senyawa itu hampir menyamai troxerutin, obat pelindung pembuluh darah mikro yang beredar di pasaran. Obat itu bermanfaat untuk mengurangi resiko pecahnya pembuluh darah.

Hasil uji in vitro yang dilakukan Li Chen Wu, peneliti Department of Applied Chemistry, di National Chi-Nan University, menunjukan ekstrak kulit buah naga berdaging merah berpotensi menghambat pertumbuhan sel tumor B16F10 pada dosis 25 gr. Hal ini membuktikan bahwa buah naga bukan hanya sedap disantap, tapi juga berfaedah sebagai obat.

Secara ringkas, beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

         ~ Mengobati kanker, tumor, sakit mata, asam urat, dan jantung.
         ~ Menyembuhkan rematik.
         ~ Penyeimbang kadar gula darah.
         ~ Pengontrol kadar gula darah.
         ~ Menguatkan ginjal dan tulang.
         ~ Menajamkan pemgelihatan.


Saat ini telah banyak ramuan buah naga yang dijual di pasaran, baik berupa jamu herbal maupun tablet, selain itu kita juga bisa langsung mengonsumsi buah naga. Buah naga mempunyai berbagai jenis, Buah naga yang memiliki daging berwarna merah dan buah naga yang memiliki daging berwarna putih, biasanya masyarakat cenderung menjadikan buah naga yang memiliki daging berwarna merah untuk Jus atau es buah. Namun kendati demikian, masing-masing buah naga memiliki manfaat yang sama. dan rasa yang juga tidak jauh berbeda.


                                

0 comments:

Post a Comment