Saturday 23 April 2016

Manfaat Daun Pandan

Daun Pandan atau biasa masyarakat menyebutnya dengan PandanWangi adalah Tumbuhan monokotil berwarna hijau yang memiliki aroma wangi yang khas. Daun pandan adalah termasuk salah satu tumbuhan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya untuk pewangi makanan, kue, bubur kacang hijau, kolak, dan lain lain. Daun pandan juga dapat digunakan sebagai pengharum pada saat menanak nasi, agar nasi menjadi lebih wangi. tapi di samping itu juga selain untuk bumbu atau pewangi pada makanan, manfaat apa saja kah yang terkandung pada daun pandan ini? Berikut manfaat dari daun pandan berdasarkan apa yang telah saya baca dari majalah majalah kuliner.

1. Untuk Obat Alami Penambah Nafsu Makan
Mungkin dari apa yang pernah kita ketahui bahwasanya daun pandan banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pewangi makanan atau bumbu makanan, tapi apabila kita coba untuk meneliti lebih jauh ternyata daun pandan juga dapat digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan. bagaimana caranya?

 ~ Siapkan 2 lembar daun pandan yang sudah di bersihkan terlebih dahulu.
 ~ Kemudian rebus daun pandan tersebut dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas.
 ~ Tambahkan madu atau gula sebagai pemanis.
 ~ Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2kali sehari.

2. Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Khasiat daun pandan wangiuntuk menurunkan darah tinggi bisa kita peroleh dengan membuat ramuan alami dari 2 lembar daun pandan yang direbus dengan 2 gelas air seperti di atas, dan minum 2 kali sehari setiap pagi hari dan sore hari agar tekanan darah kembali normal. namun ramuan pandan wangi ini tidak akan dapat langsung menurunkan darah tinggi secara spontanitas, membutuhkan waktu dan kesabaran.

3. Sebagai Obat Herbal Rematik dan Pegal Linu
Siapkan 3 lembar daun pandan wangi, iris tipis-tipis, dan seduh dengan gelas minyak kelapa yang sudah dipanasi, kemudian aduk sampai daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Kemudian campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik atau pegal linu.

4. Menenangkan Perasaan
Saat anda merasa gelisah, ambil 3 lembar daun pandan dan cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu. kemudian minumlah ramuan tersebut selagi hangat. lakukan setiap anda merasa gelisah, ramuan ini juga dapat mengobati anda yang selalu mengalami sulit tidur.


Daun pandan wangi juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan. semoga bermanfaat :)

Baca juga : Manfaat Besar Buah Naga

0 comments:

Post a Comment